PENCARIAN

BERITA TERATAS

KOMENTAR

    POLING
    Bagaimana Menurut Anda Website Ini?

    Sangat Bagus
    Bagus
    Cukup
    Kurang

    Lihat Hasil Poling


    ARSIP PONDOK

      June 2017 (1)

      December 2016 (1)

      November 2016 (2)

      September 2016 (1)

      February 2016 (1)

      March 2014 (1)

      May 2013 (18)

      April 2013 (4)


    AGENDA


    Beranda » Masalah Umum » KEPENTINAGAN PERSONAL DIBUNGKUS DENGAN KEBIJAKAN PUBLIK

    Senin, 06 Mei 2013 - 21:13:57 WIB
    KEPENTINAGAN PERSONAL DIBUNGKUS DENGAN KEBIJAKAN PUBLIK
    Diposting oleh : Administrator
    Kategori: Masalah Umum - Dibaca: 897 kali

     

    Deskripsi Masalah :

    Belakangan banyak disorot tajam kebijakan penganggaran yang dilakukan oleh Legislatif dan Eksekutif yang lebih cenderung mementingkan diri sendiri untuk memperoleh berbagai fasilitas meliputi gaji/honor besar, tunjangan-tunjangan, fasilitas rumah, kendaraan, asuransi, beasiswa, kadeudeuh (pesangon), dll. Sementara nasib rakyat banyak yang hidup dalam kemiskinan dan kesengsaraan hampir-hampir tidak mereka pikirkan.

    Pertanyaan :

    Apakah dibenarkan sikap Ulil Amri yang cenderung mengedepankan kepentingan mereka sendiri dan mengabaikan kepentingan rakyat  banyak yang lemah  dengan cara seperti itu?

    Jawaban :

    Sikap Ulil Amri yang seperti itu  tidak dibenarkan Karena semestinya sikap dan kebijakan Ulil Amri itu berpihak kepada kemaslahatan rakyat.  

    (فوائد الجنية ص ۳۹٦)

    تـصـرف الإمام أى الأعـظـم وهـو السلطان أو الملك أو الخليفة وكـذا رئـيس الـجـمـهـورية ومثله أى نـوابه وغـيره أى وغـير القاضى إلى أن قال على الراعية منوط بالمصلحة إلى أن قال فتصرفه فى بيت المال يشترط فيه المصلحة أ.هـــــ.

    Artinya :

    Distribusi kekuasaan seseorang imam atau orang yang lebih agung, yakni seorang sultan, seorang raja, atau seorang kholifah, begitu juga pemimpin yang terkenal serta para pembantunya adalah kepemimpinan rakyat yang harus disesuaikan dengan kemaslahatan, bahkan dalam pendistribusian baitul mal juga harus di ukur dengan kemaslahatan. (Kitab Fawaidu Al-Junyah hal 396)

     


    Asmaul Husna


    KALENDER


    MINI CHAT